Tips Sehat Mengkonsumsi Serai Sehari Hari Untuk Kesehatan

Tips Sehat Mengkonsumsi Serai Sehari Hari Untuk Kesehatan – Serai memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, penggunaan serai berlebihan bisa mengancam kondisi kesehatan Anda.

Umunnya serai dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa pada masakan. Aromanya yang khas membuat cita rasa masakan jadi semakin nikmat.

Tips Sehat Mengkonsumsi Serai Sehari Hari Untuk Kesehatan

Ternyata, serai juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Melansir WebMD, serai bisa dimanfaatkan dalam pembuatan vitamin A dan minyak esensial.

Penggunaan serai untuk pengobatan biasanya diolah menjadi minyak esensial, aroma terapi, atau dikonsumsi dalam bentuk minuman.

Kandungan Sereh

Secara umum, manfaat sereh atau serai bisa dibagi menjadi tiga, yaitu untuk penyedap masakan, obat kesehatan, dan kecantikan.

Namun kali ini, kita akan membahas tentang manfaat kesehatannya terlebih dahulu.

Serai dapat kita gunakan sebagai obat dikarenakan banyaknya zat dan vitamin baik yang terkandung di dalamnya.

Kandungan daun serei di antaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat daun sereh
  1. Vitamin a
  2. Vitamin c
  3. Sodium
  4. Kalium
  5. Kalsium
  6. Tembaga
  7. Zinc
  8. Asam folat
  9. Niasin (vitamin b3)
  10. Piridoksin (vitamin b6)
  11. Riboflavin (vitamin b2)
  12. Thiamin (vitamin b1)
  13. Besi
  14. Magnesium
  15. Mangan
  16. Selenium
  17. Kalori
  18. Karbohidrat
  19. Protein
  20. Lemak
Segudang Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat sereh bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Selain mudah dibeli di pasaran dengan harga murah, sereh juga enak dikonsumsi sebagai pelengkap bumbu masakan maupun dicampurkan ke minuman dengan rasa yang enak.

Mengonsumsi tumbuhan herbal pun menjadi tak terasa, sebab sereh memiliki aroma yang enak dan rasa yang tidak mengganggu di lidah.

Ini dia segudang manfaat sereh bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui.
1. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Baik jahe maupun serai, merupakan rempah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas berlebih. Radikal bebas sendiri bisa memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, atau penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson

2. Meredakan peradangan di tubuh

Minum air rebusan sereh dan jahe juga bisa menbantu meredakan peradangan di tubuh, karena keduanya memiliki sifat antiinflamasi. Inflamasi atau peradangan biasanya terjadi akibat infeksi bakteri, pola makan yang kurang sehat, hingga alergi. Baca juga: Mari, Kenali Manfaat Minuman Jahe bagi Kesehatan

3. Mengobati mual

Jahe sudah sejak lama digunakan sebagai obat mual alami. Sehingga saat merasa mual dan ingin muntah, tidak ada salahnya mengonsumsi air rebusan jahe dan serai.

4. Menyehatkan pencernaan

Minum air rebusan sereh bisa membantu meredakan sakit perut, kram perut, maupun masalah pencernaan lainnya. Menurut penelitian, sereh juga baik untuk mengatasi tukak lambung dan melindungi lapisan lambung dari kerusakan.

5. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi air rebusan serai secara rutin dinilai bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Jika tensi darah Anda adalah 135/85, maka tekanan sistoliknya adalah 135. Namun, orang yang punya riwayat penyakit jantung sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, minuman ini bisa memperlambat detak jantung , sehingga berpotensi memicu gangguan tambahan.

6. Menyeimbangkan kadar gula darah

Jahe juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat alami diabetes. Rempah yang satu ini akan membantu menyeimbangkan kadar gula darah yang ada di tubuh, sekaligus mengurangi risiko terjadinya komplikasi tambahan akibat diabetes.

7. Membantu menjaga kadar kolesterol

Baik jahe maupun serai bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida yang didapatkan dari makanan tidak sehat. Perlu diingat, agar manfaat ini bisa didapatkan secara maksimal, Anda juga perlu menjaga pola makan.

8. Meredakan perasaan cemas

Khasiat air rebusan jahe dan serai tak hanya baik untuk fisik, tapi juga mental. Kandungan serai di dalamnya dipercaya bisa memberikan efek menenangkan bagi yang sedang mengalami gangguan kecemasan.

9. Mencegah infeksi

Mengonsumsi serai juga bisa melindungi tubuh dari infeksi. Tidak heran, rempah ini sering digunakan untuk membantu mengurangi risiko terjadinya infeksi jamur mulut yang sering menyerang orang dengan gangguan imun, seperti penderita HIV.

10. Menurunkan berat badan

Baik jahe maupun serai dinilai bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini bisa lebih terasa apabila diiringi dengan menjalani pola makan sehat dan olahraga teratur.

Baca Juga : Tahukah Anda Ternyata Alat Pancing Termahal Didunia
11. Meredakan gejala

PMS Khasiat air rebusan jahe dan serai selanjutnya adalah sebagai obat alami untuk meredakan gejala PMS, seperti kembung, kram, dan hot flashes. Manfaat ini bisa didapatkan dari sifat antiinflamasi yang dimiliki serai. Baca juga: 10 Manfaat Jahe yang Menghangatkan untuk Kesehatan

12. Menyehatkan gigi dan mulut

Di lingkungan masyarakat tradisional, mengunyah batang serai sudah sering dijadikan sebagai salah satu metode untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Kepercayaan ini rupanya juga terbukti secara ilmiah. Saat diteliti di laboratorium, serai dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

13. Meredakan kembung

Sifat diuretik yang dimiliki sereh juga berguna untuk meredakan kembung. Kita bisa mengonsumsi rempah ini saat perut terasa penuh akan cairan. Sementara itu, jahe akan membantu mengeluarkan gas-gas yang ada di tubuh.

14. Meredakan nyeri di tubuh

Salah satu manfaat serai yang ada adalah sebagai obat pereda nyeri alami. Sehingga saat merasa ada nyeri di badan, tidak ada salahnya untuk mencoba minum air rebusan serai yang dicampur dengan jahe dan gula merah sebagai penambah rasa.

15. Menjadi diuretik alami

Air rebusan jahe dan sereh juga bisa dijadikan sebagai diuretik alami. Diuretik akan membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga tubuh mampu mengeluarkan kelebihan cairan atau sodium melalui urine. Obat diuretik biasanya diresepkan untuk pasien yang mengalami gagal jantung, gagal hati, dan edema.