Tahukah Anda Banyak Manfaat Yang Terkandung Jus Seledri

Tahukah Anda Banyak Manfaat Yang Terkandung Jus Seledri – Tampaknya selalu ada tren kesehatan yang digemari dalam satu tahun dan kemudian terbukti tidak efektif pada tahun berikutnya tetapi jus seledri tampaknya tidak akan kemana-mana dalam waktu dekat. Jus seledri telah menjadi tren dalam hidup sehat. Minuman ini tidak hanya kaya akan manfaat tetapi juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

Anthony William, guru kesehatan di Los Angeles, California, mengatakan bahwa obat herbal yang ampuh membunuh racun di tubuh manusia adalah jus seledri. Selain itu, minum jus seledri dalam keadaan perut kosong dapat mencegah segala penyakit kronis.

Tahukah Anda Banyak Manfaat Yang Terkandung Jus Seledri

Tahukah Anda Banyak Manfaat Yang Terkandung Jus Seledri
Tahukah Anda Banyak Manfaat Yang Terkandung Jus Seledri

Jus seledri memang memiliki banyak manfaat yang diklaim, seperti penurunan berat badan, mengurangi peradangan, dan sifat detoksifikasi tetapi apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika kamu meminumnya setiap hari? Dilansir dari thelist.com, di sini kamu akan mengetahui jawabannya.

Kandungan nutrisi seledri

Cynthia Sass, MPH, RD, seorang ahli gizi yang juga berprofesi sebagai penulis, mengemukakan bahwa tampaknya banyak orang yang mengira kalau seledri tidak memiliki banyak nutrisi.

Seledri sebenarnya kaya akan berbagai nutrisi yang menunjang kesehatan tubuh, meliputi serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, zat besi, magnesium, flavonoid, hingga antioksidan. Seledri juga rendah kalori, sehingga jus seledri sering dijadikan pengganti minuman olahraga oleh para atlet sebelum latihan karena terbukti bisa meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh selama berolahraga.

Apa manfaat yang didapat dari minum jus seledri?

Banyak orang yang memilih tidak memasukkan seledri dalam hidangannya atau tidak memakannya karena tidak menyukai rasa si hijau. Padahal, jika tidak menyukai rasa seledri dalam bentuk aslinya, tidak ada salahnya dibuat menjadi jus, lho!

Ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari daun dan batang seledri, yaitu:

Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat seledri yang pertama yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Selain dapat menurunkan kolesterol, daun seledri juga dapat menurunkan trigliserida dan lipoprotein densitas rendah.

Dengan tingginya vitamin A yang dikandung, daun seledri bisa mencegah kanker dan juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Cegah demam berdarah

Manfaat seledri yang berikutnya yaitu dapat mencegah demam berdarah. Minyak biji seledri dapat dimanfaatkan untuk membasmi larva Aedes Aegypti alias nyamuk penyebab demam berdarah dengu (DBD).

Obat rematik

Mengobati rematik juga merupakan salah satu manfaat seledri yang bisa kamu dapatkan. Caranya dengan mengonsumsi daun seledri sebagai lalapan setiap makan. Lakukanlah hal ini sesering mungkin agar proses penyembuhan semakin cepat.

Baca Juga : Tahukah Anda Ternyata Alat Pancing Termahal Didunia
Mencegah penyakit hati

Karena sifat seledri yang diuretik, manfaat seledri mampu membantu membuang racun di dalam tubuh dan membersihkan liver serta ginjal. Seledri juga dapat membantu melancarkan pencernaan serta menjaga saluran kencing sehat.

Mengurangi resiko kanker

Manfaat seledri sebagai jus yang pertama yaitu dapat mengurangi resiko kanker. Sudah sejak lama seledri digunakan dalam pengobatan tiongkok sebagai obat anti kanker alami.

Seledri mengandung luteolin dan penelitian menemukan bahwa elemen ini melemahkan sel kanker dan membuatnya lebih rentan terhadap pengobatan.

Menetralkan makanan asam

Manfaat seledri juga dapat menetralkan makanan asam. Seledri kaya akan unsur-unsur seperti besi, magnesium dan natrium yang membuat jus seledri memiliki sifat alkali yang kuat.

Dengan kata lain, itu dapat menetralkan makanan asam sehingga membantu kita menjaga keseimbangan pH yang sehat dalam tubuh kita.

Mencegah masalah penglihatan

Manfaat seledri berikutnya yaitu dapat mencegah masalah penglihatan. Seledri sangat tinggi akan vitamin A yang memiliki peran penting dalam kesehatan mata.

Jus seledri juga dapat melindungi permukaan mata dari bakteri dan virus. Vitamin A juga membantu mencegah perkembangan masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia seperti katarak.

Mencegah diabetes tipe 2

Saat ini, diabetes tipe 2 sudah menjadi masalah kesehatan serius di dunia modern. Diperkirakan pada tahun 2030, lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia akan mengalami penyakit ini.

Salah satu manfaat seledri yaitu dapat mencegah penyakit ini. Hal ini dikarenakan seledri mengandung banyak vitamin K dan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa vitamin K meningkatkan sensitivitas kita terhadap insulin.

Mengatasi anemia

Manfaat seledri yang pertama yaitu dapat mengatasi anemia. Caranya cukup mudah, siapkan bahan-bahan seperti madu, nanas, seledri dan juga susu segar dan cuci semua bahan tersebut. Setelah bersih, potong nanas menjadi potongan kecil.

Kemudian masukkan semua bahan tersebut ke dalam blender. Konsumsi jus daun seledri dengan kombinasi bahan lain dapat mengatasi kekurangan darah atau anemia. Minumlah jus tersebut secara rutin.

Kaya akan folat

Seledri memiliki kandungan yang kaya akan folat. Folat adalah salah satu vitamin B-kelompok dan merupakan unsur penting untuk sel darah merah dan putih di sumsum tulang belakang.

Kandungan folat dalam seledri juga memainkan peran penting dalam mengubah karbohidrat menjadi energi, memecah protein dan memproduksi DNA.

Mengatur keseimbangan cairan

Seledri yang sangat tinggi kalium dan mineral ini memainkan peran penting dalam banyak proses di tubuh kita. Para ilmuwan percaya bahwa kalium adalah mineral terpenting ketiga bagi tubuh kita agar berfungsi dengan baik.