Produk Termahal Pada Zaman Kuno

Produk Termahal Pada Zaman Kuno

infoseger.com – Kasus tertua dalam pembuatan dan penyediaan barang atau jasa secara langsung berkaitan dengan sejarah ekonomi. Dengan demikian, ekonomi adalah parameter utama dari masyarakat yang kompleks dan berkembang sedemikian rupa, sehingga dapat dianggap sebagai ruang lingkup penting yang telah menyebabkan invasi yang tak terhitung jumlahnya. Contohnya seperti perang, penggerebekan, perdagangan dan bahkan eksplorasi di sepanjang perjalanan sejarah manusia. Perolehan barang-barang mewah selalu memainkan peran penting dalam urusan sosial kemanusiaan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor menarik ini, ada beberapa produk termahal pada zaman kuno waktu itu.

Produk Termahal Pada Zaman Kuno

1. Tembaga ( digunakan pertama sejak 7500 SM )

Produk Termahal Pada Zaman Kuno

Produk termahal yang pertama pada zaman itu adalah logam tembaga. Tembaga adalah salah satu dari sedikit logam yang dapat digunakan (sampai tingkat tertentu) dalam bentuk alami, sebagai lawan ekstraksi dari bijih. Mode penggunaan yang disederhanakan ini mungkin mendorong penggunaan logam pertama pada manusia. Selama ribuan tahun berikutnya, tembaga menjadi logam pertama yang dilebur dari bijihnya (sekitar 5000 SM), logam pertama yang dicetak dalam cetakan (sekitar 4000 SM), dan logam pertama yang dicampur dengan logam lain (timah) untuk membuat perunggu (sekitar 3500 SM). Nama tembaga itu sendiri berasal dari Cuprum. Istilah Latin yang disederhanakan untuk aes Cyprium, di mana aes disebut paduan tembaga dan Cyprium berarti – dari Siprus di mana tembaga ditambang sejak 4000 SM.

2. Garam ( diperkirakan digunakan sejak 6000 SM )

Produk Termahal Pada Zaman Kuno

Sementara tembaga memainkan perannya dalam ‘budaya tinggi’ kemanusiaan, garam sebagai bahan, melekat pada perkembangan peradaban manusia secara keseluruhan. Zat yang ada di mana-mana (namun padat karya untuk diproduksi) di hampir setiap budaya kuno di seluruh dunia. Mulai dari Cina, India, Mesir hingga orang Yahudi, Yunani, dan Romawi; garam dianggap sangat bernilai tinggi karena dua alasan penting. Alasan pertama jelas berkaitan dengan sifat makanannya yang sangat penting untuk kelangsungan hidup umat manusia. Alasan kedua (yang sering diabaikan) berkaitan dengan kualitas pengawet yang memungkinkan orang dahulu untuk mengamankan dan menyimpan makanan mereka selama periode waktu yang lama. Intinya, Garam juga bisa dipergunakan untuk menjadi bahan pengawet di dalam transportasi dan perdagangan barang-barang makanan (seperti ikan dan daging) untuk jarak yang relatif jauh. Itulah mengapa Garam termasuk produk termahal pada zaman itu.

3. Silk / Sutra (pertama kali dibudidayakan sekitar milenium ke-4 SM)

Produk Termahal Pada Zaman Kuno

Produksi sutra dimulai di Tiongkok Neolitikum, mempertahankan monopolinya atas pembuatan sutra selama lebih dari 4.000 tahun. Cukuplah untuk mengatakan, pasokan terbatas untuk produk ini menjadikannya salah satu barang yang paling dicari di dunia kuno. Hal ini menyebabkan sutra menjadi produk termahal di jamannya. Dengan seluruh rute perdagangan dipertahankan di seluruh daratan luas Eurasia yang dinamai sutra (Jalan / jalur Sutra yang menguntungkan dimulai dari sekitar 207 SM ).

4. Cedar / Aras (dikenal sekitar pertengahan milenium ke-3 SM)

Produk Termahal Pada Zaman Kuno

Cedar memiliki makna spiritual dalam berbagai budaya kuno yang agak mendukung nilai sebenarnya. Misalnya, dalam mitologi Sumeria, pohon cedar dianggap mirip dengan Pohon Kehidupan yang melambangkan kekuatan, pengetahuan rahasia, dan keabadian. Sesuai dengan geografi kosmik Mesopotamia. Pohon cedar dikaitkan dengan Ea (atau Enki), dewa penciptaan, kerajinan, kecerdasan, dan bahkan sihir. Kecenderungan menghubungkan cedar dengan atribut ilahi ini juga meluas ke peradaban lain. Seperti dapat dibuktikan dengan detail kayu yang rumit dan benda-benda indah lainnya yang ditemukan di sarkofagus Firaun Mesir, Tutankhamen (berasal dari abad ke-14 SM). Bangsa Mesir kuno juga menggunakan damar cedar dalam metode mumifikasi yang melelahkan.

Produk Termahal Pada Zaman Kuno
Produk Termahal Pada Zaman Kuno

Tinggalkan Balasan