Ngecas Smartphone Pakai Laser, Emang Bisa ?

InfoSeger.com –¬†Teknologi pengisian daya melalui wireless charging atau disebut juga pengisian “nirkabel” kian populer di dunia smartphone. Teknologi pengisian nirkabel ini pun sudah digunakan oleh Apple, Samsung, dan merek perangkat lainnya.

Meski disebut wireless charging, smartphonemasih harus dimasukkan ke kabel pengisi daya dan smartphone masih harus diletakkan di dalam suatu tempat. Itu berarti kamu tidak perlu langsung mencantelkan smartphone dengan kabel.

Kini, kabarnya metode metode wireless charging akan digantikan dengan penggunaan laser. Wah, bakal seperti apa ya?

1. Menggunakan penembakan pemancar sinar laser yang dapat mengirimkan daya ke smartphone.

Engineers di University of Washington saat ini tengah mengembangkan jenis charger nirkabel jangka panjang yang telah lama dinanti-nanti. Apalagi inovasi teknologi yang menarik perhatian ini melibatkan penggunaan laser.

Seperti yang dijelaskan dalam sebuah jurnal baru-baru ini yang diterbitkan di Proceedings of the Association for Computing Machinery on Interactive, Mobile, Wearable & Ubiquitous Technologies, teknologi ini melibatkan penembakan sebuah sinar yang tidak terlihat dari pemancar laser, yang dapat mengirimkan muatan daya ke smartphone.

2. Dapat bekerja pada rentang yang lebih jauh daripada pengisian nirkabel pada umumnya

 

Hal ini dilakukan dengan memasang sel daya tipis ke bagian belakang smartphone, yang memungkinkannya menyerap tenaga dari laser. Menurut tim, teknologi laser sama efisiennya dengan pengisian daya saat memasukkan chargersmartphone ke port USB.

Keuntungan teknik ini adalah dapat bekerja pada rentang yang lebih jauh daripada pengisian nirkabel biasanya di mana pengisi daya ini hanya bekerja pada kisaran beberapa sentimeter. Sebaliknya, sistem laser bekerja pada rentang beberapa meter atau bahkan lebih.

Laser dipilih karena dapat menyediakan sinar energi yang terfokus. Penggunaan gelombang radio jauh lebih tidak efisien karena gelombang radio menyebar secara signifikan di luar angkasa dan membutuhkan daya pancar yang sangat tinggi untuk menerima cukup banyak energi untuk mengisi daya smartphone.

3. Dilengkapi dengan beberapa fitur penting lainnya termasuk keamanaan.

Teknologi pengisian laser juga dilengkapi dengan pencegahan keamanan yang sangat penting. Termasuk penambahan logam, pendingin yang menghilangkan kelebihan panas dari laser, dan juga mode mati jika seseorang bergerak ke melewati laser.

Mode yang terakhir ini melibatkan penggunaan guard beam yang memberikan gerakan monitor, dan bisa mematikan laser pengisian segera jika tubuh manusia terdeteksi.

Jadi sekarang lebih milih mana ? Ngecas pakai kabel atau laser ?