Mengenal Perbedaan Manfaat Sayuran Direbus dan Dikukus

Mengenal Perbedaan Manfaat Sayuran Direbus dan Dikukus – Ada beberapa jenis sayuran yang akan lebih bergizi dan sehat jika kamu mengolahnya dengan cara merebus atau dikukus. “Menurut Joshua Riwu Kaho

Mengenal Perbedaan Manfaat Sayuran Direbus dan Dikukus

Dalam memasak, metode pengolahan makanan tak boleh diabaikan. Apalagi bagi Anda yang ingin mulai menjalani pola hidup sehat. Ada beraneka ragam cara memasak, dan yang identik dengan makanan sehat adalah rebus dan kukus. Namun, mana di antaranya yang lebih bergizi?

Untuk memiliki tubuh yang sehat tentu selain rajin berolahraga, kita harus memerhatikan setiap asupan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Salah satunya adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran yang sudah sejak dulu dipercaya mengandung vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Tapi perhatikan lagi caramu mengolah sayuran yang hendak kamu konsumsi ya? Sebab ada beberapa jenis sayuran yang akan lebih bergizi dan sehat jika kamu mengolahnya dengan cara merebus atau dikukus.

Bahkan sebuah studi mengklaim bahwa vitamin, mineral, serta nutrisi lainnya bisa terserap maksimal serta lebih bercita rasa jika sudah melewati perebusan sejenak.

Sayuran Lebih Baik Dikukus

Memasak, jika tidak dilakukan dengan tepat, dapat menghilangkan beberapa nutrisi penting makanan. Misalnya, dalam pengolahan sayuran. Sayuran lebih baik dikukus ketimbang direbus agar nutrisinya tidak banyak hilang. Penelitian yang dilakukan oleh Zhejiang University di Cina membuktikan hal tersebut.

Dalam proses pengukusan brokoli, kandungan nutrisi (termasuk vitamin C dan folat) yang hilang, jauh lebih sedikit ketimbang dengan direbus. Selain itu, studi lain yang dipublikasikan di British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa merebus akan menghilangkan kandungan nutrisi sayuran 50% lebih banyak dibandingkan dengan mengukusnya.

Namun, baik dikukus atau direbus sama-sama akan meningkatkan kandungan antioksidan yang ada di dalam sayuran dibandingkan jika dikonsumsi mentah, seperti dilansir Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Penderita Batu Ginjal Mesti Hati-hati

Meski pengolahan sayuran dengan cara dikukus dianggap lebih sehat ketimbang direbus, dilaporkan dalam jurnal Journal of Agricultural and Food Chemistry bahwa penderita batu ginjal lebih baik mengonsumsi sayuran dengan cara direbus daripada dikukus.

Hal ini dikarenakan proses perebusan akan menghilangkan 87% kandungan oksalat yang ada di dalam sayuran, sementara metode pengukusan hanya membuang oksalat sebesar 53%. Untuk diketahui, makanan tinggi oksalat (seperti sayuran hijau, bit, ubi, dan kacang polong) dapat menaikkan risiko pembentukan batu ginjal.

Baca Juga : Tahukah Anda Ternyata Alat Pancing Termahal Didunia
Jenis Sayuran Yang Baik Dikukus dan Direbus

Berikut ini 10 jenis sayuran yang perlu direbus atau dikukus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, seperti dikutip brilio.net dari Boldsky, Selasa (18/8).

1. Sawi Putih

Sawi putih yang bernama latin Brassica rapa subsp pekinensis adalah sayur yang paling sering diolah menjadi hidangan sayur yang lezat. Sawi putih adalah sejenis kubis Cina yang berasal dari daerah Beijing, Cina ini sering digunakan dalam berbagai masakan Asia Timur.

Sayuran dengan warna putih pucat ini bagus untuk kesehatan lantaran memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Jenis sayur ini mengandung nutrisi seperti beta karoten, magnesium, kalium, kalsium, glutamin, sumber antioksidan, vitamin C,E,K dan lain sebagainya

2. Bit

Sering mengonsumsinya dalam kondisi mentah sebagai jus? Nah, sebaiknya direbus sebentar selama kira-kira tiga menit terlebih dahulu ya sebelum di jus atau dimakan.

3. Kentang

Kentang sebaiknya dikonsumsi dengan cara direbus. Selain supaya vitamin dan nutrisi penting lainnya tidak hilang, efek perebusan akan membuat kalori mengalami penurunan jumlah sehingga sangat baik terutama bagi kamu yang sedang dalam program diet.

4. Bayam

Sayur bayam, termasuk jenis sayuran hijau lainnya menurut penelitian terbaru para ilmuwan akan menjadi lebih sejat jika direbus sejenak sebelum dikonsumsi.

5. Buncis

Buncis juga sebaiknya direbus agar vitamin dan nutrisi penting di dalamnya nggak menguap begitu saja, selain itu supaya menjadi lebih renyah saat dikunyah. Mengonsumsi buncis rebus sangat baik untuk pengidap diabetes lho.

6. Bunga kol

Cita rasa bunga kol justru lebih terasa jika kamu mengukusnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Dengan melakukan cara ini, vitamin serta nutrisi lebih mudah diserap tubuh secara maksimal.

7. Jagung manis

Jagung manis kaya akan nutrisinya, sehingga sebaiknya dikukus terlebih dahulu ya sebelum dimakan supaya mineral serta vitaminnya nggak hilang saat kita makan.

8. Brokoli

Sama seperti bunga kol, brokoli akan menjadi lebih sehat dan nikmat rasanya jika direbus terlebih dahulu. Kamu pun akan mendapati brokoli yang lebih empuk untuk dikonsumsi, tubuh pun jauh lebih mudah untuk menyerap kandungan nutrisinya.

9. Ubi Jalar

Siapa pun pasti tahu, ubi jalar akan berubah teksturnya menjadi lebih empuk jika direbus terlebih dahulu. Nutrisi serta kandungan karbohidratnya yang melimpah juga dapat terserap lebih maksimal di dalam tubuh.

10. Wortel

Semua orang tentu tahu manfaat wortel yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan merebusnya terlebih dahulu, vitamin serta nutrisi penting lainnya yang terkandung dalam wortel tentu dapat lebih maksimal untuk diserap di dalam tubuh.