Mengenal Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Kiwi

Mengenal Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Kiwi – Buah yang identik dengan New Zealand ini memiliki nama latin Actinidia deliciosa. Buah kiwi berasal dari daratan Cina utara dan pada abad ke 20 mulai dibudidayakan di Selandia Baru. Bentuknya menyerupai telur ayam, dengan kulit kusam berwarna cokelat keabu-abuan, dan bulu-bulu halus mengerubungi permukaan luarnya.

Dagingnya berwarna hijau atau emas cerah dengan biji-biji hitam lunak yang dapat dikonsumsi secara bersamaan. Rasanya yang lembut, manis, sekaligus sedikit asam membuat buah ini gemar dikonsumsi anak-anak hingga dewasa.

Mengenal Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Kiwi

Mengenal Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Kiwi
Mengenal Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Kiwi

Buah kiwi berasal dari daratan China utara yang sudah mulai dibudidayakan sejak abad ke-20 di Selandia Baru. Bentuknya menyerupai telur ayam dengan kulit cenderung kusam berwarna cokelat keabu-abuan dengan daging berwarna hijau. Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, asam amino, folat dan kalsium serta sumber serat yang baik.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi maka tidak heran bila manfaat kiwi untuk kesehatan tubuh juga melimpah. Berikut iniĀ  manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

Sangat kaya akan vitamin C

Bila kamu pikir buah lemon dan jeruk kaya akan vitamin C, kiwi mengalahkan kedua buah tersebut! Setiap 100 gram mengandung 158% vitamin C – dua kali lebih banyak dibanding buah lemon atau jeruk. Antioksidan di dalam vitamin C dapat menyingkirkan radikal bebas yang mengakibatkan inflamasi atau kanker. Ditambah lagi, vitamin C dapat menaikkan kekebalan tubuh agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Bantu Atasi Asma

Salah satu manfaat buah kiwi yang pertama adalah bantu mengatasi asma. Buah mini dengan kulit sedikit berbulu ini menyimpan kandungan vitamin C dan antikoksidan yang tinggi.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2000 mengungkapkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi buah segar secara teratur termasuk kiwi dapat merasakan dampak positif pada fungsi paru.

Meningkatkan Daya Imun

Mengonsumsi buah kiwi secara rutin juga dipercaya dapat meningkatkan daya imun tubuh. satu cangkir kiwi sudah memenuhi 273 persen kebutuhan vitamin C harian. Asupan vitamin C sangat penting untuk membangun sistem pertahanan tubuh agar tidak mudah sakit.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan dalam buah kiwi yang cukup tinggi membuat buah ini sangat dianjurkan untuk rutin dikonsumsi karena dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Buah kiwi dapat menjaga elektrolit menjadi seimbang dengan menangkal efek natrium karena kiwi mengandung potassium yang cukup tinggi.

Bisa dikatakan bahwa buah kiwi terkenal sebagai salah satu buah yang berfungsi sebagai pengencer darah alami yang paling efektif, karena buah kiwi dapat mengurangi penggumpalan darah.

Baik untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes merupakan kondisi di mana hilangnya kemampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Untuk itu penderita diabetes harus mengatur pola makan karena jika tidak kadar gula dalam tubuh akan mengalami kenaikan drastis. Kadar gula yang tidak stabil dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Dalam dunia medis, terdapat beberapa jenis diabetes. Namun kasus yang paling sering terjadi di masyarakat adalah diabetes tipe 2, yang mana jenis diabetes ini sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu pola hidup sehat adalah dengan banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Salah satu buah yang dianjurkan bagi penderita diabetes adalah buah kiwi. Hal itu dikarenakan buah kiwi termasuk dalam kategori buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi dan tidak akan menaikkan gula darah kamu dengan cepat.

Baca Juga : Tahukah Anda Ternyata Alat Pancing Termahal Didunia
Mengatasi Insomnia

Kalau kamu sering mengalami kesulitan tidur sebaiknya mulai sekarang perbanyak konsumsi buah kiwi setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Jus buah kiwi bisa menjadi salah satu alternatif obat tidur alami yang tentunya lebih aman tanpa efek samping.

Menurut Taipe Medical University, kandungan senyawa antioksidan dan serotonin dalam buah kiwi bermanfaat untuk menenangkan pikiran yang stres hingga membuat seseorang lebih mudah untuk terlelap.

Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi buah kiwi akan membuat program diet yang kamu jalani jadi lebih efektif. Diet dengan buah kiwi dipercaya ampuh menurunkan tubuh tetap ideal dan mencegah obesitas. Hal ini karena buah kiwi kaya akan kandungan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Untuk menurunkan berat badan kamu bisa mengonsumsi buah kiwi langsung dengan kulitnya, yang terpenting kamu sudah mencucinya terlebih dahulu hingga bersih. Selain dikonsumsi langsung kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus, salad buah, atau infused water.

Membantu tidur nyenyak

Menurut riset dari Taipei Medical University, berbagai studi telah mengungkapkan bahwa kiwi memiliki banyak kandungan baik seperti antioksidan dan serotonin yang berguna untuk orang yang sulit tidur. Katanya, mengkonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat memulihkan insomnia dan membantu kamu tidur dengan cepat! Try it and see.

Sumber serat yang baik

Buah eksotis ini kaya akan serat yang membantu mencegah berbagai macam penyakit. Selain membuat perut lebih kenyang, makanan kaya serat juga membantu tubuhmu menjaga tekanan darah, kolestrol, dan kadar gula, lho. Bahkan menurut sebuah studi dari University of Leeds, mengkonsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan aman untuk penderita diabetes.

Melancarkan saluran pencernaan

Mirip seperti buah pepaya, kiwi mengandung enzim bernama actinidain yang melancarkan pencernaan protein. Bila kamu mengalami konstipasi atau kesulitan membuang air besar, have a kiwi or two!

Mempercantik kulit

Tubuh dan kulit yang sehat membutuhkan tingkat pH yang stabil. Nah, sifat alkaline dalam kiwi dapat menetralisir tubuh jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. Antioksidan dalam vitamin C dan E dalam kiwi juga baik untuk kulit dan menjaganya agar awet muda! Last but not least, kiwi mengandung omega 3, carotenoid, polyphenol, dan mendukung kesehatan jantung.

Bermanfaat untuk wanita hamil

Yes, kiwi sangat baik untuk kesehatan wanita hamil berkat kandungan folat. Folat dapat menyehatkan dan membantu pertumbuhan kandungan! Selain itu, kiwi juga baik untuk pertumbuhan anak-anak!

Gudang vitamin dan mineral

Kiwi kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin A, B6, B12, E, potasium, kalsium, zat besi dan magnesium. Vitamin dan mineral tersebut dapat melancarkan peredaran darah, mengurangi stres, menyehatkan tulang dan gigi, dan mendukung kesehatan mata. Kandungan potasium yang tinggi juga menstabilkan tekanan darah, sedangkan magnesium membantu otot dan saraf agar bekerja dengan normal. What more can you ask?

Menciptakan Keseimbangan Alkalin

Bisa dibilang kiwi merupakan salah satu buah yang paling alkalin ketimbang jenis buah lainnya. Itu berarti buah kiwi memiliki pasokan mineral yang kaya untuk menggantikan kelebihan makanan yang bersifat asam.

Beberapa manfaat dari tubuh seimbang asam atau alkali yang tepat adalah kulit akan tampak lebih muda, tidur akan cenderung lebih nyenyak, energi fisik yang melimpah dan dapat mengurangi risiko osteoporosis.