Mengenal Manfaat Konsumsi Udang Bagi Kesehatan

Mengenal Manfaat Konsumsi Udang Bagi Kesehatan – Udang merupakan hewan laut yang bisa dikonsumsi lewat berbagai menu hidangan laut (seafood). Udang mudah ditemui di perairan Indonesia dengan harga yang bervariatif. Udang memiliki tekstur gurih dan dagingnya lembut, hingga semakin disukai banyak orang.

Mengenal Manfaat Konsumsi Udang Bagi Kesehatan

Mengenal Manfaat Konsumsi Udang Bagi Kesehatan
Mengenal Manfaat Konsumsi Udang Bagi Kesehatan

Udang terdiri dari dua jenis, yakni udang air tawar dan udang laut. Meski berbeda, kandungan dalam hewan yang satu ini kurang lebih sama dan sangat diperlukan oleh kesehatan tubuh. Menurut Healthline, udang merupakan sumber protein cukup tinggi.

Udang juga memiliki nutrisi baik seperti vitamin B12 dan fosfor. Udang juga mengandung kalsium, yodium, sampai asam lemak omega-3. Kandungan merkuri dalam udang juga tergolong rendah dibandingkan makanan laut lain, hingga aman untuk dikonsumsi.

Udang merupakan salah satu jenis kerang yang banyak disukai orang. Bagian ekor dari udang merupakan sumber makanan utama untuk dikonsumsi. Meski ada yang beranggapan bahwa udang adalah makanan yang tidak sehat, karena mengandung kolestrol yang cukup tinggi, namun sebenarnya udang merupakan makanan yang bergizi tinggi lho guys.

Manfaat Mengkonsumsi Udang Bagi Kesehatan Tubuh

Udang rendah kalori, dan mengandung protein dan lemak sehat dalam jumlah yang cukup besar, serta merupakan sumber asam lemak omega-6 dan omega-3 yang baik, yang mampu menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Panasaran apa saja manfaat udang untuk kesehatan? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Mengurangi nyeri menstruasi dan gejala PMS

Manfaat pertama dari udang untuk kesehatan adalah dapat mengurangi nyeri menstruasi dan gejala pramenstruasi atau PMS. Meski mengandung kolestrol yang cukup tinggi, namun kolestrol yang dimiliki udang adalah sumber kolestrol yang bermanfaat lho, yaitu asam lemak omega-3.

Kandungan asam lemak omega-3 ini, mampu membantu mengurangi kram saat menstruasi, serta mengurangi gejala saat pramenstruasi (dikenal PMS) seperti perubahan mood, payudara yang terasa lunak, dan gejala PMS lainnya.

2. Menjaga kesehatan rambut

Selain dapat mengurangi nyeri saat menstruasi dan gejala PMS, udang juga dapat menjaga kesehatan rambut. Kandungan mineral yang ada pada udang, yaitu seng, berperan besar lho guys dalam menjaga kesehatan rambut. Seng berperan penting dalam mempertahankan dan menciptakan sel-sel yang baru, yaitu sel rambut dan sel kulit, sehingga mampu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain dapat menjaga kesehatan rambut, udang juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sifat antioksidan yang kuat dari kedua asam lemak yang dimiliki udang, yaitu astaxantin dan omega-3, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kini, para peneliti memanfaatkan udang untuk dijadikan petunjuk dalam mendeteksi kanker.

4. Perlindungan kulit

Selain dapat menghambat sel kanker, astaxanthin pada udang, juga mampu memberikan perlindungan pada kulit. Astaxanthin dapat mengurangi kerutan pada kulit, dengan cara meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Selain itu, astaxanthin juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV), sehingga dapat menurunkan resiko kanker kulit.

5. Meningkatkan jumlah sel darah merah

Nah, ini dia manfaat terbesar dari udang, yaitu dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Udang mengandung zat besi, yang berperan dalam pembentukan hemoglobin, serta juga mengandung dua nutrisi yaitu vitamin A dan vitamin B12, yang berperan penting dalam meningkatkan dalam produksi sel darah merah.

Baca Juga : Tahukah Anda Ternyata Alat Pancing Termahal Didunia
6. Mempromosikan kesehatan prostat

Selain dapat meningkatkan jumlah sel darah merah, udang juga mampu lho guys mempromosikan kesehatan prostat. Udang mengandung dua mineral yang berperan penting dalam kesehatan prostat, yaitu selenium dan seng. Selain memiliki sifat antioksidan yang kuat, kedua mineral tersebut juga memiliki efek regulasi testosteron dan DHT. DHT merupakan metabolit androgenik lebih testosteron, yang berperan besar dalam pertumbuhan berlebih dari kelenjar prostat.

7. Mengurangi resiko penyakit jantung

Selain dapat mempromosikan kesehatan prostat, udang juga mampu mengurangi resiko penyakit jantung lho guys. Kandungan asam lemak omega-3 pada udang, mampu memberikan perlindungan terhadap kesehatan jantung, karena asam lemak omega-3 tersebut dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL) dan triglesida, dan meningkatkan kolestrol baik (HDL) secara bersamaan.

8. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor dalam udang merupakan dua zat yang bermanfaat dalam membentuk tulang dan gigi yang kuat. Udang sebaiknya dimakan bersama cangkangnya, karena kulit udang mengandung ‘glucosamine’ yang bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tulang.

Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengapuran. Kalsium juga dapat memengaruhi kinerja otot, hormon, fungsi saraf dan kemampuan pembekuan darah.

9. Mengurangi Risiko Depresi

Kandungan asam lemak esensial dan omega-3 dalam udang juga dapat mengurangi risiko stres hingga depresi. Sebuah studi membuktikan kandungan omega-3 dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan dapat membantu meningkatkan mood. Selain itu, omega-3 dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Selain kandungan omega-3, udang juga mengandung vitamin B12, yang merupakan nutrisi penting sebagai penunjang produksi sel darah merah sehingga dapat membantu mencegah penyakit anemia.

Nutrisi ini juga dapat membantu pembuatan DNA, material genetis yang terdapat pada tiap sel. Dengan begitu, sistem metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak dalam sel tubuh juga berlangsung sempurna.

10. Cegah Penuaan Dini

Selain untuk kesehatan, udang juga mengandung antioksidan, seperti selenium, yang dapat mencegah kerusakan sel penyebab penuaan dini akibat radikal bebas.

Selain itu, udang memiliki senyawa antioksidan astaxanthin yang membantu mengatasi peradangan. Udang juga memiliki kandungan niasin yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan mencegah kulit bersisik