Mengenal Manfaat dan Effect Samping Air Tebu Untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat dan Effect Samping Air Tebu Untuk Kesehatan – Apakah Anda pernah mengonsumsi air tebu murni? Sebagian besar orang tentu tak asing lagi dengan air tebu. Ya, ekstrak tumbuhn tebu ini merupakan bahan pokok dalam pembuatan gula.

Air tebu juga mengandung senyawa sukrosa, fruktosa, dan banyak varietas glukosa lainnya dengan total 13 gram serat makanan. Air yang memiliki cita rasa manis ini juga kaya serat makanan dan menyediakan senyawa polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu kesehatan Anda secara keseluruhan dan mengurangi stres oksidatif.

Mengenal Manfaat dan Effect Samping Air Tebu Untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat dan Effect Samping Air Tebu Untuk Kesehatan
Mengenal Manfaat dan Effect Samping Air Tebu Untuk Kesehatan
Manfaat Air Tebu Hijau untuk Pria

Manfaat air tebu hijau memang sangat baik untuk kesehatan. Tak hanya itu saja, rupanya air tebu hijau juga bermanfaat untuk kesehatan pria. Kandungan nutrisi dalam air tebu hijau inilah yang memberikan manfaat kesehatan bagi pria. Seperti kandungan karbohidrat, vitamin, protein dan mineral seperti fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium.

Berikut penjelasan mengenai manfaat air tebu hijau untuk pria yang sudah infosegar rangkum dari berbagai sumber:

1. Cegah Diabetes

Air tebu hijau mampu mencegah diabetes karena kandungan gula alaminya. Kandungan gula alami ini memiliki indeks glikemik yang cukup rendah jika dibandingkan dengan gula olahan. Oleh karena itu, air tebu hijau ini dianjurkan untuk dikonsumsi pria penderita diabetes.

Begitu juga bagi orang tanpa diabetes tipe 2, air tebu hijau dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, bagi penderita diabetes tipe 2 lebih baik untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air tebu hijau ini.

2. Melelapkan Tidur

Air tebu mengandung beberapa asam amino. Asam amino inilah yang nantinya dapat membantu melelapkan tidur, karena hormon stres juga menjadi lebih seimbang. Mengonsumsi air tebu hijau dapat menenangkan pikiran dan mampu membuat kualitas tidur lebih baik.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Bagi pria yang memiliki masalah pada tekanan darah, tidak perlu kawatir lagi. Kandungan kalium dalam air tebu hijau ini dapat membantu mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri. Sehingga tekanan darah yang dialami pria dapat secara efektif diturunkan atau dikendalikan. Tak hanya itu, air tebu juga dapat mengurangi risiko arteriosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi air tebu hijau murni dapat membantu menurunkan kolesterol, baik kolesterol LDL maupun trigliserida. Masalah kadar kolesterol pada pria bisa diatasi juga seiring bertambahnya usia dengan mengonsumis air tebu hijau ini.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa mengonsumsi air tebu hijau dapat membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal pada pria. Hal ini disebabkan karena manfaat air tebu hijau yang dapat mendetoksifikasi dan melindungi fungsi pusat detoksifikasi tubuh pria.

Minum air tebu hijau juga bisa dijadikan solusi terbaik mencegah dan menyingkirkan batu ginjal. Karena biasanya batu ginjal terbentuk akibat mengalami dehidrasi. Mengonsumsi air tebu hijau secara rutin membantu untuk menghancurkan dan melarutkan batu ginjal pada pria.

6. Menambah Energi

Pria tentu membutuhkan lebih banyak energi jika dibandingan dengan wanita. Rupanya, air tebu hijau ini bisa membantu menambah energi secara alami pada tubuh pria. Hal ini disebabkan karena glukosa alami dalam air tebu dapat membantu meningkatkan energi.

Tebu mengandung beberapa bahan aktif dan glukosa alami, yang dapat meningkatkan energi dan stamina pada tubuh pria. Begitu juga dengan senyawa glukosa dan elektrolit dalam tebu ini dapat meningkatkan energi. Hal ini disebabkan karena mereka dapat membantu merangsang metabolisme dalam tubuh.

7. Hidrasi Tubuh

Menghidrasi tubuh jelas penting sekali untuk pria. Jika kekurangan cairan atau dehidrasi terus-menerus, jelas akan membuat kemungkinan batu ginjal akan terbentuk. Seperti saat cuaca panas dan berkeringat, tubuh tentu kehilangan banyak sekali cairan. Dan dengan mengonsumsi air tebu hijau ini, tubuh akan lebih mudah terhidrasi.

Baca Juga : Tahukah Anda Ternyata Alat Pancing Termahal Didunia
8. Mengendalikan Stres

Lebih banyak pria yang mengalami stres, utamanya mengenai pekerjaan. Hingga membuat banyak pria juga mengalami insomnia setiap malam. Nah, asam amino yang terkandung dalam air tebu hijau ini ternyata dapat membantu mengatasinya.

Selain asam amino, ada triptofan dan magnesium yang juga mampu menyeimbangkan kadar hormon stres dan menginduksi tidur. Sehingga air tebu hijau ini dapat membantu mengatasi gangguan tidur misalnya saja seperti insomnia.

9. Mencegah Bau Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah kerusakan gigi. Kerusakan gigi ini sering dialami oleh pria perokok aktif. Untungnya, air tebu hijau mengandung sejumlah mineral, seperti kalsium dan fosfor yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Selain itu, kalsium dan fosfor pada air tebu hijau juga dapat membantu melindungi enamel gigi, melindungi dari pembusukan, dan memperkuat gigi juga. Dosis tinggi nutrisi dalam air tebu hijau inilah yang dapat membantu melawan bau mulut karena kekurangan nutrisi.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Menjaga kesehatan rambut tentu penting sekali untuk para pria. Karena rambut pada pria tidak bisa ditutupi dengan hijab layaknya seorang wanita. Nah, kekurangan gizi inilah yang dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

Jika kekurangan nutrisi, tentu rambut akan menjadi kusam dan seolah tak bernyawa. Hal ini juga terjadi jika tubuh kekurangan mineral tertentu. Dan air tebu hijau ini merupakan sumber mineral yang sangat baik dan sangat mampu mendukung pertumbuhan rambut.

11. Mencegah Sakit Tenggorokan dan Flu

Penyakit tenggorokan dan flu tentu bisa menyerang siapa saja, termasuk pria dan wanita. Nah dengan meminum segelas air tebu hijau secara teratur, sangat bisa membantu menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit, misalnya sakit flu, sakit pilek, dan sakit tenggorokan. Air tebu hijau ini juga bisa dikonsumsi kapan saja, baik saat udara panas atau juga dingin.

12. Merawat Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat juga menjadi idaman banyak orang. Termasuk pria, karena kulit sehat merupakan cermin dari hidup sehat. Kandungan asam alfa hidroksi, khususnya asam glikolat inilah yang dapat mengambil peran sebagai anti-oksidan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, manfaat air tebu hijau ini dapat membersihkan peradangan kulit, infeksi, mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, noda, perubahan warna, dan bekas luka.

13. Menguatkan Otot

Meminum air tebu hijau dua kali sehari ternyata juga dipercaya mampu meningkatkan kekuatan otot. Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa dalam air tebu hijau yang dapat membantu menguatkan tubuh dan otot pria.

Efek Samping Air Tebu
Mengenal Manfaat dan Effect Samping Air Tebu Untuk Kesehatan
Mengenal Manfaat dan Effect Samping Air Tebu Untuk Kesehatan

Air tebu bermanfaat bagi kesehatan. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsinya terlalu berlebihan karena bisa memberikan efek samping. Setidaknya konsumsilah sari tebu murni satu gelas dalam sehari.

Dampak negatif dari sari tebu terlalu banyak meliputi sakit kepala, gangguan pada perut, mual, pusing, gangguan perdarahan yang memburuk dan meningkatkan insomnia.

Meningkatkan kalori

Air tebu memiliki jumlah kalori cukup rendah dibandingkan gula. Namun jika mengonsumsinya terlalu banyak, sari tebu dapat meningkatkan kalori dan membuat tubuh menjadi gemuk. Anda harus mengonsumsi satu gelas per hari, tidak boleh lebih.

Cepat menjadi racun

Air tebu murni akan bisa berubah menjadi racun dengan sangat mudah dan cepat. Mengapa demikian?

Dampak ini akan terjadi jika Anda menyimpan air tebu terlalu lama. Sebaiknya, perasan sari tebu harus dikonsumsi langsung dan jangan disimpan dalam waktu lebih dari satu hari lantaran tidak memiliki bahan pengawet.

Bahkan, jika Anda menyimpannya selama lebih dari 15 menit, air ini akan teroksidasi dan kemudian akan berbahaya bagi tubuh. Menurut beberapa penelituan, oksidasi ini bekerja seperti racun di dalam tubuh dan menciptakan banyak masalah terkait lambung.

Membuat darah menjadi tipis

Kandungan policosanol dalam air tebu juga bisa membuat darah menjadi tipis. Dengan demikian tebu akan mematikan darah dan membuat gumpalan yang bisa menyebabkan pendarahan berlebihan.