Mengenal Manfaat Buah Kaktus Yang Terkenal DiEropa

Mengenal Manfaat Buah Kaktus Yang Terkenal DiEropa – Kaktus merupakan tipe tumbuhan yang biasa ditemui di tempat kering seperti gurun. Karena dipenuhi duri kaktus jarang diminati orang untuk dijadikan tanaman hias. Padahal kaktus memiliki banyak jenis yang tidak semuanya terlihat membosankan. Salah satunya adalah jenis kaktus opuntia.

Mengenal Manfaat Buah Kaktus Yang Terkenal DiEropa

Mengenal Manfaat Buah Kaktus Yang Terkenal DiEropa
Mengenal Manfaat Buah Kaktus Yang Terkenal DiEropa
Lalu bagaimana dengan rasa buah kaktus ini?

Buah kaktus muda memiliki kulit berwarna hijau seperti batangnya dan akan berubah menjadi kuning dan merah ketika mulai tua dan matang. Ketika di belah dua, maka pada bagian dalam buah kaktus akan terlihat biji-biji layaknya buah naga. Mengenai rasanya, buah kaktus cukup manis dan segar.

Ada sedikit sensasi rasa buah pir yang di rasakan ketika mencicipi buah kaktus dan mungkin inilah alasan mengapa buah kaktus di namakan sebagai Pir Berduri.

Mengenal Fakta Unik Pir Berduri

Kaktus ini bahkan bisa menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi, buah ini sering disebut prickly pear alias buah pir berduri. Berikut lima fakta uniknya!

1. Buah yang banyak ditemukan di Amerika Utara

Tanaman prickly pear atau buah pir berduri menyukai tanah yang berpasir dan kasar seperti di gurun atau lereng berbatu. Jenis kaktus yang menghasilkan buah ini ialah opuntia yang memiliki bunga berwarna kuning, oranye atau ungu. Buah ini populer di beberapa negara bagian Amerika Utara seperti Meksiko, Texas, dan California.

2. Bagus dikonsumsi untuk mengurangi kolesterol jahat

Setiap tanaman memiliki manfaatnya tersendiri, tidak terkecuali buah pir berduri. Pada sebuah penelitian buah ini disebut dapat mengurangi kolesterol jahat dan kandungan pektin di dalamnya bisa menurunkan kebutuhan insulin kepada para penderita diabetes, seperti yang dilansir dari dessertusa.com.

3. Perpaduan fisik mirip buah naga dan buah pir

Karena di Indonesia buah ini masih dianggap asing, gambaran nyatanya buah pir berduri sekilas berpenampilan seperti perpaduan buah naga dan buah pir. Nampak luar terlihat seperti bentuk buah pir yang sedikit oval meruncing, namun di bagian dalamnya ketika dibelah mirip buah naga dengan biji-biji kecil dan daging buah bewarna merah muda atau kuning.

4. Bisa diolah menjadi produk perawatan kulit

Tak haya diteliti untuk kesehatan tubuh saja, tetapi prickly pear juga dapat menutrisi kulit wajah. Buah ini diolah menjadi face oil, serum, toner dan face wash. Prickly pear diklaim dapat mencerahkan kulit, menghidrasi kulit secara intens khususnya untuk tipe kulit kering.

5. Cara menanam dan perawatan kaktus

Kaktus bisa ditanam dengan cara stek dan dapat tumbuh di iklim tropis Indonesia karena cuaca panasnya yang cukup memadai. Tanam kaktus opuntia ini di lahan yang menerima sinar matahari secara penuh. Waktu mekar tanaman tersebut berkisar antara Juni-Juli, jenis tanah yang disukai ialah tipe tanah alkali dan tahan terhadap kekeringan.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Manfaat Sayuran Direbus dan Dikukus
Adapun Manfaat Mengkonsumsi Buah Kaktus atau Pir Berduri
1. Anti Mikroba

Sejak abad ke 19 kaktus sering dijadikan sebagi tanaman obat karena kaktus memiliki kandungan bahan aktif alkaloid, berupa b-phenylethylamine dan tetraisoqui-noline. Sampai saat ini tanaman kaktus yang memiliki senyawa dan bisa dijadikan obat adalah anhalonine, hordenine, mescaline, N-acetylmescaline, pel-lontine, tyramine.

Senyawa hordenine dan tyramine mempunyai manfaat sebagi anti mikroba yang dapat mencegah berbagi jenis penyakit seperti arthritis, influenza, infeksi diabetes, sakit telinga, sakit mata, rematik, gigitan binatang yang mengandung berbisa.

2. Anti kanker

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition (2004), pir berduri memiliki tingkat flavonoid, polifenol, dan betalain yang tinggi. Kandungan ini bertindak sebagai senyawa antioksidan dan menetralisir radikal bebas.

Selain itu, tes penelitian yang dilakukan pada tikus laboratorium yang dipimpin oleh tim dari University of Arizona, menemukan bahwa buah kaktus pir berduri mampu menekan pertumbuhan tumor. Dalam hal ini, para peneliti masih memerlukan studi lebih lanjut karena mekanisme efek anti-kanker belum sepenuhnya dipahami.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian yang diterbitkan dalamThe American Journal of Clinical Nutrition menekankan bahwa makan buah pir kaktus baik untuk melancarkan pembuangan toksin dan aktivitas antioksidan karena tingginya kadar vitamin C dan E.

Vitamin C berperan utama dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang produksi sel darah putih, dan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C merupakan komponen penting dari berbagai proses enzimatik dan metabolisme, termasuk pembentukan tulang dan jaringan otot.

4. Memperkuat tulang dan gigi

Kalsium berperan penting sebagai bagian integral dalam pembentukan jaringan tulang. Kabar baiknya, buah kaktus pir berduri mengandung level kalsium signifikan dalam setiap sajian.

Saat tubuh dipastikan memiliki asupan kalsium yang cukup, hal itu dapat mencegah berbagai masalah gigi, serta gangguan tulang terkait usia seperti osteoporosis.

5. Bantu menurunkan berat badan

Buah kaktus cocok buat kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Dengan serat tinggi, kepadatan nutrisi, kalori rendah, dan lemak jenuh, pir berduri dapat menjaga tubuh tetap sehat tanpa menambah berat badan.

Selain itu, serat dan karbohidrat yang terkandung dalam buah kaktus, mampu mencegah kamu makan berlebihan.

6. Mengurangi peradangan

Dalam pengobatan tradisional, buah kaktus dapat dihaluskan dan dioleskan ke bagian tubuh yang meradang, misalnya pembengkakan gigitan serangga. Metode ini bahkan sudah diterapkan selama ratusan tahun.

Ketika dikonsumsi, antioksidan dan mineral dalam pir berduri dapat menurunkan peradangan, terutama dalam kondisi seperti radang sendi, asam urat, atau ketegangan otot. Sebuah studi di Seoul National University mengonfirmasi sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam buah kaktus.

7. Anti oksidan yang luar biasa

Antioksidan dalam pir berduri dapat melindungi kulit dari kemungkinan penuaan dini, meningkatkan penglihatan, mencegah degenerasi makula, serta meningkatkan kekuatan dan fungsi otak.

Penelitian yang dilakukan di Jerman menunjukkan tingginya tingkat tokoferol dan beta-karoten dalam buah berduri, yang keduanya sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan mata.

8. Melindungi kesehatan jantung

Ada sejumlah komponen dalam buah kaktus yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Pertama, kadar serat dalam buah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Kedua, kadar potasium yang signifikan dapat membantu menurunkan tekanan darah, dengan merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.

Buah pir berduri mampu memperkuat dinding endotel pembuluh darah, sehingga mengurangi kemungkinan melemahnya sistem peredaran darah. Secara keseluruhan buah kaktus dapat mencegah aterosklerosis, penyakit jantung koroner, dan stroke.

9. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah kaktus memiliki tingkat serat yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga dan mengatur proses pencernaan dengan lebih baik. Kandungan serat berfungsi untuk membantu makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah, sehingga menghilangkan sembelit, kembung, dan masalah pencernaan serius dalam lambung.