Kucing Perlu Disterilkan? Ini Alasannya

Kucing Perlu Disterilkan? Ini Alasannya

infoseger.com – Bisa dibilang jika mensterilkan hewan peliharaan merupakan sebuah polemik yang nggak ada habisnya. Ada yang setuju ada pula yang nggak setuju dengan persoalan ini. Mensterilkan hewan peliharaan sebenarnya merupakan sebuah tindakan kebaikan besar yang bisa anda berikan untuk peliharaan kesayangan kita. Karena ternyata mensterilkan mereka akan bisa membantu meningkatkan kehidupan dan kesehatan mereka dalam jangka panjang. Selain itu juga bisa membantu mengendalikan kelebihan populasi hewan peliharaan dan secara nggak langsung juga turut menyelamatkan ribuan kucing ataupun anjing setiap tahun. Selain dari alasan diatas, ini adalah alasan utama mengapa kucing perlu disterilkan.

Kucing Perlu Disterilkan? Ini Alasannya

1. Umur Kucing Jadi Meningkat

Kucing Perlu Disterilkan? Ini Alasannya

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh USA Today pada Mei 2013, menyebutkan jika kucing juga anjing yang tinggal di negara-negara dengan tingkat steril yang lebih tinggi memiliki masa hidup yang lebih lama. Selain itu, kabarnya, mengebiri kucing betina sebelum siklus kimpoi mereka yang pertama juga bisa mengurangi risiko infeksi rahim, kanker rahim, ataupun payudara. Kucing jantan yang telah dikebiri pun memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami pembesaran kelenjar prostat ataupun tumor perianal.

2. Menghindari Perkelahian Antar Kucing

Kucing Perlu Disterilkan? Ini Alasannya

Alasan kenapa kucing perlu disterilkan itu juga agar menghindari hobi berantemnya. Karena kucing jantan biasanya berkelahi dengan sesama pejantan untuk mempertahankan wilayah kekuasaan serta memaksimalkan peluang untuk bisa memenangkan kucing betina saat tiba masa kimpoi. Setelah dikebiri, naluri mereka untuk berkembangbiak pun berkurang dan mereka pun jadi lebih senang untuk tinggal di rumah.

3. Tidak Akan Pipis Sembarangan Lagi

Kucing Perlu Disterilkan? Ini Alasannya

Dengan melakukan sterilisasi, kucing jantan akan kehilangan insting teritorialnya sehingga hal ini bisa mengurangi agresi dan mencegah perkelahian antar kucing. Selain itu, kucing yang belum disteril rupanya cenderung menandai wilayah kekuasaannya dengan cara “menyemprotkan” air seni di setiap penjuru ruangan. Jadi jika kalian mensteril kucing kalian, maka hewan kesayangan kalian ini akan lebih betah di rumah dan tidak gemar “menyemprotkan” pipisnya dimana-mana lagi.

Tanda Rumah Kurang Sehat Untuk Dihuni

Tanda Rumah Kurang Sehat Untuk Dihuni

Tinggalkan Balasan