Kucing Botak ? Yuk Simak Penjelasannya

Kucing Botak ? Yuk Simak

infoseger.com – Kucing adalah hewan lucu yang memiliki banyak sekali bulu di badannya. Tak heran jika kucing dipanggil dengan nama bola bulu lucu. Banyak yang lebih memilih untuk memelihara kucing import seperti persia, anggora, dan sejenisnya dibanding kucing kampung lantaran bulunya lebih lebat. Namun percuma kan kucing ras dengan bulu lebat tapi berkepala botak. Bagaimana jika anda memiliki kucing botak? Kenali gejala dan penyebabnya.

Kucing Botak ? Yuk Simak

1. Stress

Kucing Botak ? Yuk Simak

Salah satu penyebab kucing botak adalah stress. Kucing yang stress menjadi poin umum yang sering terjadi. Pada masa inilah terjadi pembuluh darah dalam tubuh kucing tidak berjalan dengan baik. Sehingga dapat membuat mereka murung dan bulu pun akan rontok perlahan. Bahkan bukan hanya itu saja, bulu kucing yang rontok juga tidak akan berjumlah wajar pada kasus yang lebih parah. Bisa-bisa kucing kehabisan bulu alias botak.

Pola tidur dan waktu tidur kucing yang tidak seperti biasanya bisa jadi merupakan ciri-ciri kucing yang stres. Perkelahian atau tindakan agresif terhadap hewan peliharaan atau hewan lain bisa menjadi tanda kucing yang stres.

2. Salah Shampoo

Kucing Botak ? Yuk Simak

Penyebab bulu kucing botak yang lainya adalah kemungkinan salahnya penggunaan shampoo. Terlalu sering memandikan kucing juga tidak akan membuatnya menjadi lebih baik. Justru malah membuat kucing menjadi botak dan bulunya habis. Baik jenis sampo apapun itu, jika terlalu sering digunakan pada kucing mempunyai efek panas yang bisa merontokkan bulu.

Hal itu karena semua ada aturannya, yakni yang baik adalah memandikan kucing tiga hari sekali dengan menggunakan sampo. Tetapi jika tidak menggunakan sampo bisa sehari sekali. Jika jarang menggunakan sampo, begitunya dimandikan dengan sampo bulu kucing rontok itu artinya anda salah memilihkan produk sampo yang tidak cocok dengan kucing anda.

3. Tungau dan Kutu

Kucing Botak ? Yuk Simak

Penyebab bulu kucing yang rontok dan hingga botak berikutnya adalah demodex, scabies, dan ektoparasit. Jika anda belum mengerti, jadi mereka adalah sejenis parasit yang hidup pada tubuh kucing yang kotor dan jarang di urus.

Demodex dan scabies terlihat semacam tungau sementara ektoparasit tumbuh lebih seperti kutu yang pada akhirnya membuat kulit atau tubuh kucing terlihat buruk seperti dipenuhi borok. Parahnya lagi penyakit itu membuat kucing merasa gatal dan panas sehingga ingin menggaruk hingga berdarah.

4. Sudah Waktunya Rontok

Kucing Botak ? Yuk Simak

Walaupun terlihat menghawatirkan, akan tetapi tidak semua bulu kucing botak di latarbelakangi oleh hal-hal negatif. Inilah sebabnya anda harus memeriksa terlebih dahulu apa penyebabnya dari bulu kucing anda rontok. Karena ada masanya juga dimana kucing juga merontokkan bulunya, yakni untuk setiap tahunnya untuk tumbuh bulu baru.

5. Kurang Gizi

Kucing Botak ? Yuk Simak

Cek asupan gizi kucing anda, apakah sudah tercukupi atau masih kurang. Nah, bisa jadi bahwa Penyebab Bulu Kucing Botak adalah kurangnya jumlah makanan baik yang masuk ke dalam perut si kucing. Vitamin A dan E serta protein merupakan gizi yang sangat penting bagi seekor kucing, hal itu karena dibutuhkan untuk pembentukan bulu baru.

Aplikasi Android Yang Mengurangi Performa HP

Aplikasi Android Yang Mengurangi Performa HP

Tinggalkan Balasan