Fakta Tentang Es Krim Yang Tidak Anda Ketahui

Fakta Tentang Es Krim Yang Tidak Anda Ketahui

infoseger.comSiapa sih yang tidak kenal dengan es krim? Atau es krim adalah makanan favorit anda di setiap harinya? Es krim bisa kita konsumsi sebagai jajanan atau sebagai pencuci mulut setelah makan. Mendapatkannya juga mudah, di minimarket ada, di tukang jajanan pinggir jalan ada, sampai kedai khusus yang menyediakan hidangan es krim juga ada. Es krim juga bisa dinikmati sendiri maupun bersama-sama. Yah walaupun es krim saat ini sudah jadi favoritnya orang-orang, dan seiring perkembangan zaman es krim juga sudah berevolusi dan jadi variatif pilihan rasa dan bentuknya. Tapi kalian semua sudah tau belum fakta – fakta tentang es krim dibawah ini?

Fakta Tentang Es Krim Yang Tidak Anda Ketahui

Fakta – Fakta Tentang Es Krim

1. Fakta Tentang Es krim : Penemu

Fakta Tentang Es Krim Yang Tidak Anda Ketahui

Es krim dibawa ke Eropa dari Timur Tengah pada tahun 1600-an, dan tidak ada yang tau bagaimana es krim pertama kali dibuat. Es krim dikembangkan dari serbat (atau sharbat, sebagaimana orang-orang Mesir menyebutnya), yang dulu dinikmati oleh para Firaun untuk memuaskan dahaga mereka di cuaca panas. Setelah itu, serbat dibawa ke Eropa (entah bagaimana ceritanya). Beberapa mitos mengatakan Marco Polo adalah orang yang membawa es krim dari Negeri Cina, ke Timur Tengah, lalu sampai ke Eropa. Namun kebenaran tentang es krim menurut catatan sejarah, es krim sudah ada sejak zaman Kekaisaran Akhemeniyah (Kekaisaran Persia Pertama, 550-330 SM), Yunani Kuno (abad ke-5 SM), Cina sekitar 200 SM, Kaisar Romawi Nero (37-68 M), dan India pada abad ke-16. Nama es krim (ice cream) sendiri baru masuk kamus Oxford pada tahun 1744.

2. Fakta Tentang Es krim : Ice dan Waffle Cone

Awal cerita dari es dan waffle cone yang menjadi ikonik dan tren dari es krim sekarang, ternyata dulu ‘bertemu‘ secara tidak sengaja loh. Dalam buku-buku masakan Prancis pada awal tahun 1825 sebenarnya sudah ada resepnya. Ketika Julien Archambault menjelaskan bagaimana cara menggulung waffle menjadi kerucut. Tapi awal waffle cone mulai terkenal digunakan untuk es krim adalah pada tahun 1904. Saat pameran internasional Louisiana Purchase Exposition di Missouri. Arnold Fornachou seorang pengelola booth es krim disana saat itu kehabisan paper cup untuk es krim jualannya. Untuk menghadapi situasi ini, ia berbicara dengan Ernest Hamwi penjual waffle yang ada di sebelah booth miliknya. Mereka berdua akhirnya bekerja sama untuk menggabungkannya. Dan saat itulah fakta tentang es krim dan waffle cone jadi hit sampai sekarang.

3. Fakta Es krim : Rasa Coklat Dulu Atau Vanila Dulu?

Fakta Tentang Es Krim Yang Tidak Anda Ketahui

 

Pasti banyak di antara kita yang menganggap es krim vanila lahir terlebih dahulu sebelum es coklat. Tapi percaya atau tidak, fakta tentang es krim coklat sebenarnya justru ada sebelum es krim vanilla. Kemungkinan alasannya karena para pembuat es krim lebih mudah mencari atau mendapatkan biji kakao daripada biji vinili. Kakao sudah jauh sejak lama digunakan untuk membuat minuman. Seperti cokelat panas, kopi, teh dan juga untuk membuat makan beku maupun tidak beku. Bahkan resep coklat beku paling awal sudah diterbitkan di Naples, Italia pada tahun 1693 lewat buku resep “Lo scalco alla moderna” (The Modern Steward) karya Antonio Latini.

ITU99
ITU99

Tinggalkan Balasan