Cara Membuat Dapur Hemat Energi Ramah Lingkungan

Cara Membuat Dapur Hemat Energi Ramah Lingkungan – Dapur merupakan tempat yang sangat penting dalam sebuah rumah. Seluruh anggota keluarga membutuhkan dapur. Dapur adalah tempt makanan tersedia.

Dalam program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional, setiap orang wajib untuk ikut turut mendukung program tersebut. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menghemat energi listrik maupun energi bahan bakar. Dengan begitu, kita telah mendukung program pemerintah serta memberikan manfaat bagi kita sendiri yakni dapat mengurangi beban biaya pengeluaran listrik

Cara Membuat Dapur Hemat Energi Ramah Lingkungan

Cara Membuat Dapur Hemat Energi Ramah Lingkungan

 

Selain menjadi tempat membuat dan menyiapkan makanan, dapur juga seringkali digunakan sebagai tempat berkumpul. Hal itu juga yang membuat dapur disebut sebagai “jantung” rumah.

Melalui dapur, para penghuninya bisa dengan mudah untuk memulai gerakan hemat energi dan ramah lingkungan. Namun, tak sedikit orang belum sadar pentingnya untuk menghemat energi.

Seperti dilansir cermati.com, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghemat energi dan ramah lingkungan di rumah, beberapa di antaranya.

Memilih Alat Listrik dengan Daya Rendah

Cara Membuat Dapur Hemat Energi Ramah Lingkungan

Banyak alat dapur yang kini menggunakan listrik oven listrik, blender, mixer atau alat dapur lainnya. Namun, ada baiknya memilih alat listrik dengan daya rendah.

Mengurangi Penggunaan Alat Listrik

Alat elektronik sangat membantu untuk memudahkan memasak. Namun, usahakan untuk mengurangi alat listrik jika masih bisa dilakukan secara manual, seperti menghaluskan bumbu.

Memasak Sekali Sehari

Cara Membuat Dapur Hemat Energi Ramah Lingkungan

Jika harus memasak, usahakan untuk memasak satu kali saja yang bisa mencukupi kebutuhan makan sekeluarga dalam sehari.

Mengurangi Memasak Beraneka Macam

Memasak beraneka macam makanan memang menyenangkan. Namun, hal ini akan membuat penggunaan bahan bakar kompor lebih banyak pula.

Makan dengan Lalapan

Beberapa sayuran bisa kita konsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Biasanya kita sebut hal itu dengan lalapan.

Selain itu, bisa juga menunggu sampai dishwasher di dapur penuh untuk mencuci daripada mencuci sedikit-sedikit. Hal itu untuk mengurangi penggunaan air.

Ada kalanya, energi di bumi akan habis. Untuk menghindari hal ini cepat terjadi, cobalah berusaha untuk menghemat energi dengan beberapa cara di atas. Kurangi kegiatan yang memang tidak terlalu membutuhkan penggunaan energi. Jikalau terpaksa, gunakanlah secara bijak energi tersebut. Gunakan alat-alat yang sekiranya dapat membantu melakukan penghematan

Tinggalkan Balasan